Teks Laporan percobaan
KD 3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
KD 4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca.
KD 3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
KD 4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan.
KD 3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca.
KD 4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato persuasif (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan/atau dibaca.
KD 3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca.
KD 4.4 Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
KD 3.5 Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar.
KD 4.5 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca atau didengar.
KD 3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar.
KD 4.6 Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
KD 3.7 Mengidentifikasi informasi berupa kritik atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca.
KD 4.7 Menyimpulkan isi teks tanggapan berupa kritik atau pujian (mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
KD 3.8 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) berupa kritik, sanggahan, atau pujian yang didengar dan/atau dibaca.
KD 4.8 Mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
Bagaimana tanggapan kalian? KD di atas menarik ya!
Berdasarkan KD-KD di atas, kalian bisa mencocokkan dengan buku paket bahwa ada 4 jenis teks yang akan kita pelajari di semester ganjil ini, yaitu Teks Laporan Percobaan, Teks Pidato Persuasif, Teks Cerpen, dan Teks Tanggapan.
Andai pembelajaran kita bisa luring (luar jaringan alias tatap muka, bertemu langsung), pasti sangat menyenangkan, tapi ... ya ... sudahlah ... kondisinya tidak memungkinkan. Yang jelas karena pembelajaran kita berbasis teks, maka kegiatan kalian membaca, menganalisis, dan produknya/hasil karyanya adalah teks. Saya yakin BDR Bahasa Indonesia kelas 9 sangatlah menarik.
Anak-anak terchayank ...
Meskipun kalian BDR, untuk kegiatan praktik insyaAlloh masih bisa dilakukan, tentunya di rumah.
Seperti halnya KD-KD di kelas sebelumnya, untuk penilaian disesuaikan tujuan pencapaian KD, yaitu penilaian tulis, praktik, dan produk. Kalian pasti mudah melakukannya, saya yakin itu. 👌👌👌
Baiklah anak-anak, sekarang saya beri kesempatan kalian memahami KD untuk Teks Laporan Percobaan yaitu KD 3.1, KD 4.1, KD 3.2, dan KD 4.2, silakan dipahami!
💖💖💖💖💖💖💖💖💖💖💖💖💖💖💖💖💖💖💖💖💖
Bagaimana hasil memahami keempat KD tersebut? Saya sangat yakin bahwa kalian pasti mudah memahaminya, kalian memang anak-anak yang luar biasa!!!
Sebelum kita lebih lanjut memahami Teks Laporan Percobaan, ada baiknya saya mengecek kemampuan literasi kalian. Sekarang kalian buka buku paket halaman 5 dan 6! Coba kalian cari satu buku fiksi (buku cerita apa saja), kalian bisa pinjam jika tidak punya buku fiksi. Setelah dapat buku, silakan dibaca sampai selesai' Oh ya, sebaiknya kalian pilih buku yang tipis aja supaya tidak memakan waktu yang lama.
Jika sudah selesai membaca, silakan kalian kerjakan isian 1. Kontrak Membaca, 2. Format Umum, 3. Format Khusus Laporan Buku Fiksi! Saya beri waktu mengerjakan kemudian tugas tersebut wajib dikumpulkan terakhir hari Sabtu, 18 Juli 2020. OK. SELAMAT MENGERJAKAN DENGAN MEMBACA BASMALAH
Comments
Post a Comment