Teks Tanggapan

 

TEKS TANGGAPAN lanjutan (Rabu, 13 Januari 2021)

Assalaamu'alaikum Wr. Wb.

Anak-anakku tercinta.....

Khusus IX C ya.....

Al-hamdulillaah hari ini kita masih diberi kesempatan oleh Alloh untuk melaksanakan BDR atau PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) dalam keadaan sehat wal'aafiat. Semoga keikhlasan kalian dalam melaksanakan BDR ini mendapatkan pahala berlipat dari Alloh dan dijadikan sebagi amal sholih. Aamiin YRA.

Anak-anakku ...

Materi BDR kita hari melanjutkan materi Teks Tanggapan yang semester kemarin tertunda. Silakan disiapkan alat tulis-menulis kalian demi kelancaran BDR hari ini. OK.

Kalian masih ingat tentang struktur Teks Tanggapan? Masih dong ... Coba sebut dan jelaskan!

Ya, benar. Struktur Teks Tanggapan ada 3, yaitu:

(1). KONTEKS (pernyataan umum tentang persoalan yang disampaikan penulis, seperti masalah yang ditanggapai, tempat terjadinya peristiwa, dan jenis peristiwa yang terjadi).

(2). DESKRIPSI (informasi tentang alasan yang mendukung pernyataan dan alasan yang menolak pernyataan atau ketidaksetujuan terhadap peristiwa tersebut).

(3). PENILAIAN (penilaian terhadap apa yang kita pikirkan tentang sesuatu yang berkaitan dengan peristiwa tersebut).

Berdasarkan uraian/penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa Teks Tanggapan itu bisa memuat TANGGAPAN POSITIF (mendukung atau setuju terhadap masalah yang ditanggapi disertai alasan-alasan yang mendukung/menguatkan pernyataan), bisa juga memuat TANGGAPAN NEGATIF (menolak atau tidak setuju terhadap masalah yang ditanggapi disertai alasan-alasan yang mendukung/menguatkan pernyataan). Yang paling penting di sini adalah munculnya alasan-alasan yang mendukung pernyataan, baik tanggapan positif maupun tanggapan negatif.

Nah ... sekarang waktunya pemberian tugas KELOMPOK yaitu membuat Teks Tanggapan dengan memilih 1 dari 2 permasalahan berikut:

A. Pembelajaran Jarak Jauh bagi SiswaSelama Pandemi

B. Penerapan Protokol Kesehatan Selama Pandemi

Untuk persyaratan penulisan sbb:

(1). Dikerjakan berkelompok (3-4 anak, boleh menggunakan kelompok pembacaan cerpen atau membentuk kelompok baru)

(2). Memilih 1 dari 2 permasalahan yang disediakan

(3). Tugas diketik/bentuk print out (seperti Teks Laporan Percobaan) dan dijilid:

       * sampul depan (Judul Teks Tanggapan, Logo Netudo, Kelas, Nama Anggota Kelompok, Nama Sekolah, Alamat Sekolah Lengkap) *

       * halaman akhir dilampirkan FOTO ANGGOTA KELOMPOK *

(4). Memenuhi ketentuan Struktur Teks Tanggapan secara urut (Konteks, Deskripsi, Penilaian)

(5). Penulisan sesuai PUEBI (pedoman umum ejaan bahasa Indonesia

(6). Tugas Kelompok ini dikumpulkan saat SAMBANG SEKOLAH hari Jumat/Sabtu.

Anak-anakku ...
Materi kita patas ya! Kita lanjutkan dengan Tugas berikutnya yaitu Tugas Individu, seperti biasanya ada Projek Literasi Jurnal Membaca. Kali ini yang kalian laporkan dalam Jurnal Membaca adalah contoh Teks Tanggapan berikut!
                                        KAPAL DILANDA BADAI
        Lukisan Raden Saleh yang berjudul 'Kapal Dilanda Badai' tahun 1837 merupakan ungkapan khas karya lukis yang beraliran romantisme. Dalam aliran ini, seniman sebenarnya ingin mengungkapkan gejolak jiwanya yang terombang-ambing antara keinginan menghayati dengan menyatakan dunia imajinasi ideal dengan dunia nyata yang rumit dan terpecah-pecah. Dari petualangan penghayatan itu, seniman cenderung mengungkapkan sesuatu yang bersifat dramatis, emosional, misterius, dan imajiner. Namun, para seniman romantisme sering juga berkarya berdasarkan kenyataan faktual.
        Dalam lukisan 'Kapal Dilanda Badai' ini, dapat dilihat cara Raden Saleh mengungkapkan perjuangan yang dramatis, yaitu dua kapal dalam hempasan badai dahsyat di tengah lautan. Suasana tampak lebih menekan oleh kegelapan awan tebal dan terkaman ombak-ombak tinggi yang menghancurkan salah satu kapal. Dari sudut atas, secercah sinar matahari yang memantul ke arah gulungan ombak. Peristiwa ini lebih memberi tekanan suasana yang dramatis.
        Walaupun Raden Saleh berada dalam bingkai romantisme, tema-tema lukisannya bervariasi, dramatis, dan mempunyai nilai yang tinggi. Karya-karya Raden Saleh tidak hanya terbatas pada pemandangan alam, tetapi juga kehidupan manusia dan binatang yang bergulat dalam tragedi. Dorongan hidup yang diungkapkan dalam tema-tema lukisannya sangat inspiratif bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama kaum terpelajar pribumi yang sedang bangkit nasionalismenya.
        Noto Soeroto dalam tulisannya 'Bij het 100 ste Geboortejaar van Raden Saleh' tahun 1913, mengungkapkan bahwa dalam masa kebangkitan nasional orang Jawa, didorong untuk mengerahkan kemampuannya sendiri. Akan tetapi, titik terang dalam bidang kebudayaan (kesenian) tidak banyak dijumpai. Untuk itu, hasil karya Raden Saleh diharapkan dapat membangkitkan perhatian orang Jawa pada kesenian nasional.

Anak-anakku
...
Contoh Teks Tanggapan di atas silakan kalian baca lalu kalian kerjakan Jurnal Membaca yang format saya kirim via WA kelas.
Adapun persyaratan Tugas II Jurnal Membaca:
(1). Dikerjakan secara Individual
(2). Dikerjakan di lembar kertas (boleh ditulis tangan jika tulisannya bagus dan rapi, akan tetapi lebih bagus jika diketik/prin out)
(3). Dibuat tabel sebagaimana format isian yang saya share di grup WA kelas
(4). Wajib dikumpulkan saat SAMBANG SEKOLAH hari Jumat/Sabtu

Dengan demikian, tugas-tugas yang wajib kalian kumpulkan saat SAMBANG SEKOLAH secara keseluruhan (digabung dengan kemarin hari Senin) berjumlah 4 tugas (2 tugas Kelompok dan 2 tugas Individu). Ingat, saya tetap akan menagih tugas tersebut saat Sambang Sekolah ya!...

Al-hamdulillaah selesai sudah materi Teks Tanggapan. Akhirul kalam ihdinassh shirotol mustaqim
Wassalaamu'alaikum Wr. Wb.

Comments

Popular posts from this blog

KAIDAH KEBAHASAAN

Teks Tanggapan

Teks Cerpen